Main Article Content

Abstract

Barbershop sebagai suatu0usaha yang mempunyai fasilitas di mana konsumen sering berkunjung untuk memenuhi kebutuhan primer yang berjalan terus tanpa ada putusnya. Pesatnya perkembangan barbershop di Indonesia menjadi sebuah bukti kesadaran pria dalam menjaga penampilan mereka, terutama dalam urusan tatanan rambut. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi barbershop perlu adanya sebuah katalog untuk mempermudah konsumen mengetahui tempat barbershop dan stylish rambut tanpa harus mendatangi ke tempat barbershop terlebih dahulu maka dari itu dibuatlah sebuah katalog. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu para pelaku industri khususnya barbershop dalam melakukan promosi serta membantu masyarakat untuk mencari informasi mengenai barbershop, dan membuat barbershop dapat mengembangkan minat pasar yang lebih luas. Metode penelitian yang digunakan adalah Rational Unified Process dengan tahapannya yaitu Inception, Elaboration, Construction dan Transition. Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem berupa diagram-diagram0diantaranya diagram use0case, diagram0activity, diagram sequensial dan. diagram class. pengujian sistem menggunakan blackbox testing dan pemodelan yang digunakan adalah Unified Modelling Language. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi katalog elektronik barbershop berbasis web yang memiliki fitur katalog, serta aplikasi ini memiliki fitur tambah data barbershop, kelola data barbershop dan petunjuk peta pada barbershop.

Keywords

Barbershop Katalog Online Aplikasi Rational Unified Process.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Adawiyah, A. D. Supriatna, and R. Setiawan, “Pengembangan Aplikasi Katalog Elektronik Barbershop Berbasis Web”, algoritma, vol. 17, no. 1, pp. 52 - 59, Aug. 2020.

References